Senin, 06 Maret 2017

Perkembangan Ecommerce di Bidang Agribisnis

Assalamualaikum Wr, Wb

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai perkembangan e-commerce dibidang agribisnis di Indonesia. langsung saja kita mulai dari pengertian E-Commerce.
 
E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti Internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi online. Wahana transaksi berupa mal online yang disebut D-Mall (diakses lewat D-Net) ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant. Produk yang dijual bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture. Selain itu, berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/, tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja). Selain itu, ada juga Commerce Net Indonesia – yang beralamat di http://isp.commerce.net.id/. Sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di Indonesia, Commerce Net Indonesia menawarkan kemudahan dalam melakukan jual beli di internet. Commerce Net .

Indonesia sendiri telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce, untuk melayani konsumen seperti PT Telkom dan Bank International Indonesia. Selain itu, terdapat pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel.
Kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.

Perkembangan e-Commerce di Indonesia pada tahun-tahun mendatang.

E-commerce sebetulnya dapat menjadi suatu bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini tak lepas dari potensi berupa jumlah masyarakat yang besar dan adanya jarak fisik yang jauh sehingga e-commerce dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Sayangnya, daya beli masyarakat yang masih rendah dan infrastruktur telekomunikasi yang tidak merata di daerah-daerah lainnya membuat e-commerce tidak begitu populer. Hal ini tak lepas dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang hanya sekitar 8 juta orang dari 215 juta penduduk. Selain itu, e-commerce juga belum banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.
Meskipun relatif banyak perusahaan yang sudah memasang homepage, hanya sedikit yang memfungsikannya sebagai sarana perniagaan/perdagangan online. Sebagian besar homepage itu lebih difungsikan sebagai media informasi dan pengenalan produk. Menurut Adji Gunawan, Associate Partner dan Technology Competency Group Head Andersen Consulting, secara umum ada tiga tahapan menuju e-commerce, yakni: presence (kehadiran), interaktivitas dan transaksi. Saat ini, kebanyakan homepage yang dimiliki perusahaan Indonesia hanya mencapai tahap presence, belum pada tahap transaksi. Pada akhirnya, perkembangan teknologi dan peningkatan pengguna internet di Indonesia akan membuat e-commerce menjadi suatu bisnis yang menjanjikan

Perkembangan pemasaran produk melalui internet kini merambah ke berbagai produk. Kalau saat ini produk fashion dan elektronik yang sudah biasa dibeli di internet, maka kedepan masyarakat Indonesia akan dapat menerima lebih banyak lagi suguhan berbagai produk yang dijual secara online. Dan salah satunya adalah produk agribisnis.
 
Seiring berjalannya teknologi perkembangan e-commerce di bidang agribisnis saat ini sudah mulai berkembang, disini saya mengambil contoh salah satu e-commerce dibidang agribisnis bernama Agrowing yang aktif menjual barangnya secara update di perdagangan online Indonesia.

Agrowing adalah ecommerce produk agribisnis pertama di Indonesia. Visi agrowing adalah menjual produk langsung dari produsen (petani, peternak, nelayan, ukm) ke konsumen, serta menyampaikan hasil penelitian disektor pertanian, peternakan, perikanan kepada masyarakat agar pengalihan pengetahuan dapat tersebar merata dan dapat teraplikasi dalam pengembangan sektor agribisnis Indonesia.

 E-commerce Agribisnis
Agrowing

maskot agrowing


info produk agrowing

Agrowing menghimpun berbagai produk agribisnis lokal Indonesia, baik produk segar maupun produk inovasi dan produk edukasi agribisnis lainya. Di web agrowing, anda bisa mengetahui informasi produk yang tertera di samping gambaar produk, serta dapat membeli langsung secara online di web tersebut. Berselancar di web agrowing, anda akan disuguhkan berbagai produk menarik yang mungkin anda belum lihat sebelumnya.

Sekian penjelasan saya mengenai perkembangan e-commerce di Indonesia beserta salah satu contoh website e-commerce di bidang agribisnis, semoga tulisan saya dapat menambah pengetahuan saudara mengenai e-commerce di bidang agribisnis.

Wassalamualaikum, Wr, Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar